Menyusuri Jejak Cerita Sejarah Kepulauan Seribu di Pulau Onrust dan Sekitarnya

Halo travelers! Bingung ingin kemana weekend ini? Tau belum bila diblog ini ada segambreng pilihan kegiatan seru yang dapat kamu lakukan ketika weekend. Tentu saja, seluruhnya menyenangkan, membantumu terlepas sejenak dari kebosanan rutinitas. Nah, ada sebuah liburan pendek yang asyik buat kamu yang ada di Jabodetabek nih. Pokoknya, tidak cuma menyenangkan dan seru, rekreasi kali ini dapat memperkaya wawasan dan mengantarmu “time traveling” ke zaman silam. Penasaran? Apalagi kalo bukan berpetualang menjelajah tiga pulau bersamaan di Kepulauan Seribu. Lho, emang bisa sehari tiga pulau-pulau dilewati? Bisa dong! Ketiga nya, selain tak jauh dari teluk Jakarta, pun silih berdekatan. Tiga pulau ini ialah Pulau Kelor, Cipir dan Onrust yang ada di Kepulauan Seribu. Tiga-tiganya mempunyai keunikan tersendiri lho.

Pulau Onrust merupakan sekian dari pulau yang mengandung sejarah zaman kolonial Belanda. Runtuhan sisa konstruksi bersejarah berbentuk benteng, meriam, sampai beribu-ribu artefaknya jadi saksi hidup lalu dapat kamu perhatikan hingga sekarang. Cuma melihatnya saja dapat membuatmu merinding; kebayang gimana seluruh peninggalan ini saat tetap aktif dipergunakan pada masa perang. Di Onrust terdapat kuburan Belanda juga puing-puing rumah sakit penyakit menular. Cuma berupa runtuhan tembok, nyaris tidak berbentuk. Pulau Onrust yang sempat dijadikan karantina haji tersebut dulunya adalah satu dari beberapa markas VOC. Pulau tersebut berkali-kali diinvasi tentara Inggris, serta fasilitasnya banyak yang hancur. Beragam kisah menggelantung di pulau serta pantai-pantainya yang tak terlalu ramai, mulai dari legenda terowongan serta harta karun emas sampai kisah hantu perempuan Belanda, Maria Van De Velde, yang sering terlihat bawa lentera di pantai, menanti kekasihnya sampai dengan kapal. Kuburan Maria bisa kamu peroleh di Onrust.

Pulau Kelor pun mempunyai sejarah yang tetap berkaitan. Sebutan Pulau Kelor maupun Kherkof mempunyai arti halaman gereja ataupun kuburan. Daya pikat utama pulau yang mempunyai luas kira-kira 1,5 hektar tersebut ialah sebuah bekas runtuhan benteng yang di bangun VOC di abad ke-17. Benteng tersebut dibuat dari batu bata merah dengan bentuk lingkaran diartikan agar senjata dapat bermanuver 360 derajat. Di masa kejayaan Belanda, benteng tersebut didirikan menjadi pertahanan terkuat tuk menghalau musuh yang mau menyerang Batavia.

Lain lagi dari Pulau Cipir ataupun dikenal pun Pulau Khayangan. Sebagaimana halnya Pulau Onrust, Pulau Cipir terbilang mempunyai sejarah berkaitan jemaah haji di zaman Belanda. Di pulau tersebut kamu dapat menemukan bekas reruntuhan rumah sakit serta rumah karantina untuk semua jemaah haji yang ingin berangkat lalu baru pulang dari kota Mekkah. Gimana, travelers, seru kan beragam kisah yang menjadi latar belakang Pulau Cipir, Kelor serta Onrust? Makin bagus kamu datang kesini deh, dan menyaksikan bagaimana kisah-kisah itu mempunyai wujud nyata. Terlebih lagi, sekarang tersedia paket murah untuk kamu yang mau berwisata ke pulau-pulau tersebut. Dengan semata-mata hanya Rp. 75.000/orang, kamu sudah dapat mengitari 3 pulau menyewa perahu, tergolong tiket dan pemandunya. Bagusnya lagi, sebab ini open trip, jadi kamu dapat langsung pergi tanpa musti mengumpulkan orang didalam jumlah banyak. Seru bukan?

Lalu gimana cara beli paket open trip pulau-pulau di Kepulauan Seribu? Gampang saja, tinggal datangi situs https://pulauseribu.xyz ataupun langsung datangi laman ini. Gimana metode pembayarannya? Kamu gak usah bingung sebab www.gogonesia.com memberikan opsi-opsi payment yang bermacam-macam. Mulai dari trasnfer antar bank, kartu kredit, sampai internet banking. Oh ya, saat ini di kami lagi banyak promo lain lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published.