Kerajinan Tangan Asli Jawa Timur

Kerajinan Tangan Asli Jawa Timur Indonesia mempunyai keanekaragaman yang unik, khususnya tentang kerajian tangan yang dibudidayakan oleh tiap-tiap wilayah, tak terkecuali di jawa timur beragam kerajinan tangan asli semacam batik, tas bikinan tangan, fiberglass serta sejenisnya. Dibawah Kami berikan kerajinan tangan asli jawa timur yang jadi unggulan dari jawa timur.

  1. Batik Madura: Batik Madura adalah warisan Nenek moyang negara Indonesia semenjak dulu kala. Budaya serta warisan itu tersebar di sejumlah wilayah dan menjadikan tiap wilayah memiliki ciri khas istimewa tuk karya batik tiap-tiap wilayah. Di kesempatan ini, kita bakal kenal kerajinan asli jawa timur yang membuatnya kerajinan khas indonesia. Serupa halnya pada batik pesisir, batik Madura memiliki warna berciri biru, juga warna-warna mencolok mencakup, hijau, merah, serta ungu. Motif batik terinspirasi dari nuansa laut, angin(udara), serta pantai.
  2. Kerajinan Tangan: Kerjinan tangan memproduksi Tas kulit product dari Tanggulangin Sidoarjo, telah ngetop luas di setiap wisatawan penggemar produk yang dibuat dari bahan kulit, malah sampai ngetop ke mancanegara. Produknya mencakup tas kulit, sepatu kulit, sandal kulit dan yang lainnya yang adalah ciri khas tanggulangin itu bisa berkompetisi dengan produk level dunia disebabkan kualitas bahan serta rapihnya pengerjaan produksi produk ini.
  3. Kayu Jati: Kerajinan Tangan asli jawa timur Dari kawasan Kota Bojonegoro yakni limbah kayu pohon jati. Bojonegoro amat dikenal mengenai mutu kayu jati yang amat kuat, dan semacam itu amat digunakan untuk masyarakat tuk beraneka ragam jenis kerjainan tangan semisal tuk memproduksi meja, mebel serta lemari tidak cuma sampai disana saja limbah dari produksi meja, lemari itu bisa pula dimanfaatkan tuk memproduksi kerajinan tangan yang lain yaitu terdiri dari cindera mata ataupun souvenir yang dapat menjadi buah tangan saat mengunjungi kota Ledre itu contohnya bisa berbentuk tempat tisu, wadah air minum dan relief hewan.
  4. Fiber Glass: Kota ataupun kabupaten mojokerto, yang amat ngetop dengan keberadaan Kerajaan Majapahit. Di kecamatan itu banyak sekali terserak barang-barang arkeologi sisa-sisa Kerajaan Majapahit. Seperti adanya Museum Trowolan, Candi Tikus, dan masih ada banyak lainnya sisa-sisa Majapahit terletak di kecamatan itu.

Diluar kekayaan peninggalan Majapahit, Kecamatan Trowulan pula banyak mengandung potensi industry kerajian tangan. Seperti cor kuningan fiberglass, pahatan batu . Dari dua jenis industri kecil itu, mungkin kerajinan fiberglass tak terlalu kondang oleh tamu wisata. Padahal kerajinan fiberglass dibuat perajin Trowulan dari waktu ke waktu pasarnya makin luas serta hasilnya tidak kalah bagusnya secara buatan pabrikan. Pusat kerajinan tangan fiberglass pada Kecamatan Trowulan ada di Desa Pakis. Untuk masuk kedalam desa ini orang lebih dulu harus melintas jalan di depan Museum Trowulan ataupun kolam segaran, menuju ke selatan. Di dusun yang subur pada pertanian padinya itu kerajinan fiberglass sudah lawas tumbuh dan sebagai mata pencaharian untuk sebagian besar wanita yang menjadi rumah tangga.

Beragam jenis kerajinan tangan asli jawa timur dari benda-benda fiberglass yang dibuat perajin Desa Pakis, antara lain gift kaligrafi, pialasouvenir, mainan. Dahulu perajin di Desa Pakis pun membuat peralatan sepeda motor semacam slebor, tapi kemudian sedikit fokus menuju souvenir serta food model. So! kerajinan jawa timur layak dikoleksi sebagai bagian pariwisata indonesia didalam bentuk seni.

Leave a Reply

Your email address will not be published.